Editor: Tri Wahono
BOEING
KOMPAS.com — Apa penyebab jet lag yang kita alami saat melakukan perjalanan melintasi batas waktu global? Hal tersebut selama ini diduga berkaitan dengan jam tubuh. Sel-sel tubuh kita memiliki putaran 24 jamnya sendiri untuk mengoordinasikan aktivitas di tingkat sel.
Penelitian terbaru menemukan, persoalan jam tubuh ternyata lebih kompleks daripada penemuan yang pernah dinyatakan sebelumnya. Para ilmuwan sebelumnya menyatakan, jam tubuh pada dasarnya adalah aktivitas gen tertentu.
Hasil penelitian yang terbaru menyatakan, para ilmuwan menemukan bahwa di dalam sel tidak ada gen, sedangkan di sel darah merah ditemukan suatu enzim yang berubah-ubah dalam dua bentuk dalam siklus 24 jam secara teratur. Inikah jam tubuh yang dicari? Atau sekadar respons terhadap jam.
Menurut peneliti dari Universitas Cambridge, Akhilesh Reddy, tampaknya hal itu terkait dengan mekanisme genetik pada sel-sel lainnya. Reddy turut menulis laporan penelitian tentang hal ini di jurnal ilmiah Nature.
Joseph Bass dari Universitas Northwestern dalam komentarnya mengatakan, penemuan baru tersebut tidak menggugurkan pendapat soal jam tubuh berbasis gen. "Pemahaman kita tentang jam tubuh bertambah luas dengan penelitian ini," katanya. (AP/ISW)

0 komentar Blogger 0 Facebook

Posting Komentar

 
Rsunara.Com © 2013. All Rights Reserved. Share on Blogger Template Free Download. Powered by Blogger
Top